Pulang ke Jawa

“Anda berasal dari Jawa?”. Demikian kerap pertanyaan ditujukan ke saya, terkait dengan asal tempat saya dilahirkan. Awalnya agak aneh bagi saya, apalagi saya tinggal di Jakarta yang masih berada di  Pulau Jawa.

Kata “Jawa” tentu kemudian dipahami tidak untuk diterjemahakan sebagai Pulau Jawa (Java – English), tetapi cenderung diartikan sebagai sebutan untuk wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, atau Jawa Timur. Istilah ini populer digunakan untuk para perantau yang tinggal di Jakarta.

Kata”Jawa” mengalami penyempitan makna ditinjau dari kaitannya secara geografis. Secara geografis, wilayah yang diempunya kata Jawa ini tentu meliputi seluruh wilayah yang ada di Pulau Jawa. Namun kata ini lebih cenderung bermakna kesukuan. Orang – orang yang tinggal/berasal dari luar wilayah-wilayah yang saya sebut di atas, walaupun tinggal di Pulau Jawa, tidak berhak menyandang gelar Orang Jawa. Mereka adalah yang berasal dari suku Sunda, Betawi, dan Madura.

Namun tentu lain cerita kalau mereka pergi ke pulau-pulau di luar Jawa. Mereka masih memperoleh “hak pakai” nama Orang Jawa, karena tentu cakupannya menjadi lebih luas. Dalam sejarah perjuangan bangsa, tepatnya tahun 1915, Orang Jawa dibahasakan sebagai Jong Java – Pemuda Jawa. Hanya memang para pemuda Betawi menyebut diri mereka sebagai Pemuda Kaum Betawi.

Anehnya kata jawa yang bermakna kesukuan ini tidak diikuti oleh orang-orang dari Sumatra Barat yang bersuku Batak. Mereka yang berasal dari wilayah ini, tidak akan ditanya,”Kapan pulang ke Batak, Bang?’. Yang lebih kerap dilontarkan adalah “, Kapan pulang ke Medan, Bang?”.

Baik, jadi Lebaran kemarin Anda mudik kemana? Ke Jawa, ke Medan atau Sukabumi?

2 thoughts on “Pulang ke Jawa

  1. ENTAH Kenapa aku berasa jiwa aku tenang banget jika berada disana. aku merasa seperti di negri kedamaian suasananya yang sangat Aku inginkan disana. Semenjak aku SD sampai selesai Univ aku lum sempet tinggal disana…. kalaupun tinggal, hanya sebentar untuk mudik saja. ga ada kata yang dapat melukiskan kenyamanan kampung ku. DIA ADALAH EDENSOR KU. AKU INGIN PULANG
    AKU RINDU KAMU…

Leave a Reply

