Warnai Hari-harimu…

Judul di atas, saya ambil dari sebuah iklan rokok. Mewarnai hari? Bagi saya, hari adalah sama. Ia merupakan rentang waktu selama 24 jam, dan demi kemudahan pembedaan antara rentang satu dengan yang lain, maka diberikanlah nama untuk masing-masing rentang tersebut. Jadilah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu.

Selain nama, tiap rentang waktu mempunyai “warna” dengan berbagai aktifitas ataupun hal-hal lain yang terjadi pada rentang waktu itu. “Warna” hari Senin tentu berbeda dengan hari Sabtu atau Minggu.  Senin yang mempunyai kecenderungan adanya kesibukan awal minggu sehingga  terciptalah ungkapan’, I hate Monday“. Secara sederhana, ketika saat masih di bangku sekolah, saya tidak suka hari Senin karena harus berangkat lebih pagi karena ada upacara bendera, PR yang belum sempat dikerjakan dan harus berseragam lengkap. Selain itu juga, di hari Senin, saya masih mengalami “after-holiday syndrome“…..bawaannya males….

Pasti setiap orang mempunyai “warna” tersendiri untuk setiap hari yang dilaluinya. Itu seiring dengan tingkat kesibukan, rutinitas, pengalaman pribadi dan lain sebagainya. Maka, setiap orang mempunyai perspektif yang berbeda terhadap hari tertentu. Orang-orang yang ada dalam suatu komunitas mempunyai perpektif yang cenderung sama terhadap suatu hari. Mereka mempunyai kecenderungan rutinitas, dan kegiatan yang sama setiap harinya.

Tergelitik sebuah gambar di kaos yang kebetulan sedang dipakai pengendara motor di depan saya, saat macet, yang berbunyi,”In Bali. everyday is holiday”. Pesan yang ingin disampaikan bahwa Pulau Dewata itu tempatnya orang berlibur dan tamasya. Bagaimana orang yang di Bali dan kerja di perusaahan dan mempunyai kesibukan yang luar biasa, sampai-sampai tidak sempat liburan? Tidak perlu jawaban memang….

Lalu, bagaimana Anda mewarnai hari ini? Selamat bekerja….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s