Gonjang Ganjing Super Toy

Sekilas membaca frase Super Toy, benak saya langsung berpikir,”mainan apa ini kok dinamakan Super Toy? Robotkah? Atau??”. Tapi setelah membaca seksama judul dan isinya, eh, ternyata terkait dengan istilah baru di Indonesia, khususnya di bidang pertanian.

Ini merupakan varietas padi unggulan terbaru. Jenis ini merupakan hasil turunan dari varietas unggulan sebelumnya yaitu jenis padi Rojolele dan Pandanwangi. Diklaim sebagai varietas unggulan yang mampu meningkatkan produksi padi, karena jenis ini bisa dipanen sebanyak 3 kali dalam setahun. Coba bandingkan jika jenis lain hanya bisa dipanen sekali dalam setahun. Alhasil peningkatan hasil panen bisa mencapai 15,5 ton, jika sebelumnya hanya 4,54 ton gabah kering giling per hektar. Gimana ga  super coba? Demikian yang coba saya sarikan dari Kompas.

Namun masalahnya adalah ternyata, eh, ternyata jenis padi ini belum lolos uji. Buntutnya petani banyak yang merugi. Padi ini tidak memberikan hasil yang maksimal, karena bulir padinya banyak yang kosong dan batangya sangat rentan patah. Memang (konon) pihak yang mendistribusikannya yaitu PT Saranan Harapan Pangan telah memberikan ganti rugi bagi para petani tersebut. Tapi pertanyaan selanjutnya apa ya tidak sebaiknya untuk uji coba dilakukan di lahan terbatas dan tidak mengorbankan banyak petani, karena yang jadi korban tentu bukan hanya masalah keuangan, tapi waktu, tenaga para petani tersebut.

Belum lagi masalah pembagian dana ganti rugi. Jangan sampai beberapa hari ke depan kita baca di media massa, tentang ketidakberesan pembagian dana tersebut oleh pejabat yang berwenang. Maklum dana yang mencapai 1 milyar lebih tersebut berpotensi menggelapkan mata…..

Kalo proyek Super Toy ini gagal, mending memang diganti namanya jadi Padi Super  Letoy. He…he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s