Mangan Ora Mangan Asal Ngumpul…

Mangan ora mangan waton ngumpul – Makan tidak makan asalkan berkumpul. Apa yang ada di benak Anda kalo membaca kalimat itu? Saya ngeh kalimat itu ketika waktu di SD, guru IPS saya menerangkan beberapa kendala pelaksanaan program transmigrasi di Indonesia.

Beliau menerangkan bahwa dengan adanya semangat mangan ora mangan waton kumpul, banyak penduduk di Jawa, khususnya Jawa Tengah dan DIY tidak mau dipindahkan ke pulau-pulau di luar Jawa. Menurut Guru saya, dengan pemahaman itu, walaupun hidup melarat yang penting bagi mereka adalah kumpul  dengan keluarga, tidak mau dipisahkan dengan anggota keluarga yang lain. Walaupun dengan iming-iming bahwa di tanah mereka yang baru akan banyak kelimpahan dan segudang janji manis pemerintah pada waktu itu.

Pemahaman bahwa mangan ora mangan asal ngumpul adalah seperti yang dimaknai di atas memang tidak sepenuhnya salah. Orang-orang di Jawa Tengah dan seputaran Yogyakarta memang mempunyai pengertian yang salah kaprah terhadap ungkapan itu. Sehingga wajar jika respon mereka terhadap program transmigrasi pun seperti yang diterangkan oleh guru IPS saya di atas. Sehingga kalimat di atas mempenyai kecenderungan negatif karena sekilas tidak menunjukkan semangat untuk maju dan anti terhadap perubahan.

Namun, kalimat di atas sejatinya mengandung makna “lain” yang lebih adiluhung. Ungkapan tersebut menekankan bahwa orang – orang (Jawa) hendaknya tidak hanya mendahulukan mangan – makanan, yang merupakan representasi dari nafsu keserakahan belaka – namun lebih mementingkan kumpul – kebersamaan, yang merupakan wujud dari kerukunan hidup dan keserasian sosial.

Jadi jangan sampai terjadi pertengkaran hanya karena perebutan makanan sehingga mengalahkan kebersamaan kita. Betul ga? (Ya iyalah Mas Gocing…Kita kan manusia, bukan hewan yang berebutan makanan…) Ah…Yang bener….???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s