English vs. Bahasa (Indonesia) – 1

Tergelitik sebuah joke dari seorang pembicara dalam sebuah seminar tentang perbedaan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia atawa Bahasa, saya coba tuliskan joke itu di sini.

Beliau bilang, “apa coba perbedaan Bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia?”. Semua peserta diam dan  tersenyum seraya menduga adanya sebuah joke yang akan dilontarkan setelah sebelumnya beliau memang menebarkan suasana yang humoris di ruangan seminar yang begitu dingin karena AC.

Beliau meneruskan bahwa kalo anak Indonesia ditanya,”Kemana Bapakmu?”. Dia akan menjawab,” Bapak pergi cari uang”. Sedangkan anak bule akan menjawab’, My father is making money“. Orang Indonesia itu kerjaannya mencari uang, sedangkan orang bule membuat uang – making  money .  

Anak Indonesia ketika ditanya,”Apa yang dilakukan bapakmu di kantor?”. Dia akan menjawab’, Bapak menjalankan bisnisnya”. Sedangkan anak bule akan menjawab,”My father is running his business“. Bisnis di Indonesia tidak terlalu maju karena hanya “dijalankan” sedangakan di luar sono, bisnis “dilarikan”. Nah lo….

He..he.. itu sich cuma joke aja. Cuma  sekedar buat selingan obrolan ringan antar tetangga…..(Tapi bener ga ya??)

6 thoughts on “English vs. Bahasa (Indonesia) – 1

  1. wakakaka…..

    setuju …! tapi kan itu cuma gaya bahasa pak
    gak mungkin juga anak orang Indonesia bilang ayah saya membuat uang n melarikan bisnis (yang ada pada ketawain – tapi bener kok niat na kan cuma joke aza ). Tapi emang ada penekanan kata supaya keliatan lebih greget .

    ya tho….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s